Jumat, 01 Juni 2018

Di mana di Bumi Apakah Vientiane?

rahasia pengolahan kopi
Di mana di Bumi Apakah Vientiane?
Ketika saya menulis Vientiane sebagai alamat saya saat ini, pegawai bank bertanya, "Apakah kota ini di Eropa?" Mungkin dia sedang memikirkan Venesia?
Saya agak mengharapkan pertanyaan itu. Saya mendapatkannya sepanjang waktu. Saya telah melakukan banyak pengarahan tentang tempat itu sejak saya datang - teman, kenalan, dan orang-orang yang dapat saya duduki dalam penerbangan. Tatapan kosong itu terlihat familiar. Biarkan saya melakukannya sekali lagi. Vientiane adalah ibu kota Republik Demokratik Rakyat Laos (PDR), atau dikenal sebagai Laos, (sekali) Tanah Sejuta Gajah. Ini tidak di dekat Eropa tetapi di sini di Asia Tenggara - iseng mengalirkan Sungai Mekong yang bersejarah.
Lelah dan tenang, Vientiane adalah ikon keramahan dan kehangatan. Yang perlu Anda lakukan adalah tersenyum manis dan mengucapkan "sabaidee", sapaan lokal yang mencakup hampir segalanya, mulai dari menyambut hingga selamat pagi, sore dan malam. Laos akan mengembalikan itu dalam sekejap. Semacam kehangatan yang tidak datang dengan mudah di banyak tempat saat ini. Hanya di Vientiane. Hanya di Laos.
Ketika saya naik pesawat untuk perjalanan pertama saya ke Vientiane, saya dipenuhi dengan begitu banyak keraguan - dan sengatan kegembiraan yang biasanya didapat ketika mengunjungi negara baru. Tapi saya tidak mengantisipasi kembang api untuk pergi dengan itu (apalagi marching band). Saya telah bepergian seperti orang gila di Asia tetapi butuh waktu bertahun-tahun untuk mampir. Ah, saya pikir itu tidak akan berhasil. Saya tidak bisa tinggal selama enam bulan, apalagi dua tahun. Saya mulai makan kata-kata saya ketika saya berbicara. Lelucon yang beredar adalah semboyan nasional negara itu adalah "Tolong pelan-pelan". Saya belum memikirkan kata-kata untuk waktu yang lama. Di zaman ini multi-tasking, yang bisa berlari dan bersembunyi dari dunia yang hiruk pikuk. Nah, itu tidak ada.
Itu benar! Saya berlantai. Dikelilingi oleh semua hiruk-pikuk kota-kota Asia yang sedang berkembang, kota ini berhasil mempertahankan pijakannya sendiri yang nyaman. Ini seperti seluruh dunia bergegas dengan kecepatan penuh - seperti Vientiane berjalan-jalan dan mendapat hak istimewa menikmati pemandangan. Dunia hampir berhenti total. Hampir. Pada hari Minggu, Anda dapat berjalan-jalan semua yang Anda inginkan di sekitar kota dengan gangguan yang sangat langka dari mobil berkerumun dan melaju.
Saya selalu tersenyum (hampir setiap hari) ketika Lao yang selalu sabar memunculkan "lalu lintas" pagi. Anda tidak dapat menyebut lalu lintas itu ketika mobil berhenti selama lima menit, dapatkah Anda? Waspadalah dengan tuk-tuk, pengemudi bisa mengemudi seperti orang gila. Suatu kali ketika sopir tuk-tuk saya yang ramah memperbesar dan keluar dari mobil-mobil besar seperti jet, saya melolong ketakutan - yang saya dapatkan hanyalah seorang penanya (tidak ada masalah) dengan seringai lebar. Dia benar. Aku selamat.
Lalu, ada Joma. Saya sarankan itu dianggap sebagai bagian dari harta kota - dan saya tidak berbicara tentang Joma di Luang Prabang. Kenangan favorit dari yuppies dan ekspatriat dan gelandangan (itulah impian masa depan saya, untuk menjadi satu dan dapat membelinya), pilihan kopi mereka dapat memberikan Starbucks uang tebusan. Tidak menghitung BLT mereka, quiche (bayam untuk saya), salad taco dan kue. Di antara keduanya - saya akan menghabiskan uang saya dengan susah payah di Joma, kapan saja. Perjalanan ke Laos tidak akan lengkap jika Anda melewatkan kunjungan. Jika Anda sedang diet, Anda berada dalam masalah besar segera setelah Anda menekan pintu.
Ah, well, jadi kita akhiri ini sebentar dengan kopi di pikiran kita. Kopi Lao adalah yang terbaik, dan saya setuju dengan kata terakhir seorang eksekutif pemerintah. Dia menurunkan empat cangkir besar dalam sehari. Hanya kopi Laos atau tidak sama sekali. Ada yang lebih hidup daripada berlari setelah tenggat waktu, membawa tas di bandara, mengejar ketinggalan email, dan menonton hari Anda dimulai dan diakhiri dengan berton-ton laporan. Bahkan sebelum saya mendapat separuh jalan dengan turisasi tugas Lao saya, saya bangun dengan menyadari banyak hal-hal yang lebih baik yang dapat kami lakukan untuk mengisi hari-hari kami - seperti tidak melakukan apa pun di antara tidur siang dan membaca buku-buku yang terkumpul di toko buku bandara yang belum dibaca selama berbulan-bulan .
Dunia Lao Anda tidak hanya membalikkan Joma, tentu saja. Mari kita jelaskan itu. Ada khao jji paa-tee, baguette Prancis dengan tambalan Lao yang dapat Anda beli bahkan di stasiun bus, khao niaw (ketan) yang dipasangkan dengan ping pao (ikan panggang) dan goyang alpukat benar-benar surgawi di Sabaidee Cafe.
Restoran lain berlimpah menyajikan hidangan internasional. Pizza Swedia membuat pasta dan pizza terbaik di kota. Air mulutku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar